Wakapolres Palopo Hadiri Pelepasan Calon Jemaah Haji Kota Palopo Tahun 1445 H/2024 M

News, Palopo32200 views

PALOPO INDEKSMEDIA – Wakapolres Palopo, Kompol H. Ridwan, menghadiri acara pelepasan calon jemaah haji Kota Palopo tahun 1445 H/2024 M yang berlangsung di ruang pertemuan Ratona, Kantor Wali Kota Palopo, Kamis (30/05/2024).

Acara tersebut juga dihadiri oleh Pj Walikota Palopo, Asrul Sani, yang turut melepas para calon jemaah haji asal Palopo.

Dalam laporannya, Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Palopo, H. Djufri, menyampaikan bahwa kuota jemaah haji Indonesia saat ini adalah 241 ribu jemaah.

“Ada tambahan tahun ini sebanyak 20 ribu jemaah, dibandingkan tahun lalu yang hanya sebanyak 220 ribu jemaah,” kata Djufri.

Untuk kuota Kota Palopo, Djufri menjelaskan bahwa jumlahnya adalah 105 orang jemaah, dan mendapatkan tambahan enam orang sehingga menjadi 111 jemaah calon haji.

“Saat ini kita mendapatkan tambahan sebanyak enam orang dan menjadi 111 orang yang bergabung di kloter 34 dengan Kota Makassar,” katanya.

“Sebenarnya total jemaah Kota Palopo ada 112 orang. Satu orang pindah tempat dan bergabung di kloter 35. Untuk kategori umur, sekitar 80 persen jemaah berusia di atas 60 tahun, dan jemaah tertua berumur 95 tahun,” tambahnya.

Pj Walikota Palopo, Asrul Sani, SH, mengucapkan selamat kepada jemaah calon haji yang berangkat tahun ini.

“Mulai pelepasan ini sampai tiba di sana, untuk selalu menjaga kesehatan, agar sampai kembali lagi ke Kota Palopo dalam keadaan sehat pula,” kata Asrul Sani.

Asrul Sani berharap, setelah sekian lama menanti waktu tunggu untuk menunaikan ibadah haji dan akhirnya berangkat, agar para jemaah memaksimalkan ibadahnya.

“Marilah kita doakan kampung kita ini, semoga terhindar dari bencana. Baik itu di masyarakat, maupun pemerintah,” ujarnya.

“Koordinasikan setiap hal yang dianggap perlu, agar tidak menghalangi masalah dan kendala yang dapat mengganggu kelancaran ibadah kita,” tambahnya.

Selain itu, Asrul juga berharap agar para jemaah haji saling menguatkan, serta menjaga silaturahmi dengan jemaah dari negara lain selama di tanah suci.

“Doakan juga keselamatan dan kedamaian kota kita agar terhindar dari perpecahan, apalagi tidak lama lagi kita akan mengadakan pesta demokrasi serentak tahun 2024,” jelasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *