Rakor Forum SDI, Asrul Sani Harap Instansi Bersinergi Memperkuat Koordinasi dan Kolaborasi

Palopo43200 views

PALOPO, INDEKSMEDIA.ID – Pj. Wali Kota Palopo, Asrul Sani membuka rapat koordinasi forum Satu Data Indonesia (SDI) Kota Palopo dengan tema “Optimalisasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral”.

Rakor tersebut diselenggarakan di ruang pertemuan Ratona Kantor Wali Kota Palopo, Kamis (11/07/2024).

Kepala Dinas Persandian dan Statistik Kota Palopo, Abdul Waris mengatakan, tujuan pembentukan forum SDI Kota Palopo sebagai wadah komunikasi, berkoordinasi dan berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah penyelenggaraan satu data di Indonesia.

“Mengatur tatakelola data dan memberikan acuan pelaksanaan serta untuk mendukung perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian komunikasi,” kata Abdul Waris.

Sementara itu, Pj. Wali Kota Palopo, Asrul Sani, meminta forum satu data Indonesia (SDI) tingkat Kota Palopo merupakan salah satu upaya untuk menyamakan persepsi lintas sektoral.

“Hal ini terkait tersedianya data akurat, data mutakhir, terpadu, terintegrasi, berkelanjutan dan mudah diakses,” kata Asrul Sani.

Tersedianya data akurat, kata Asrul, adalah tanggungjawab bersama yang harus dikelola secara profesional.

“Itu berdasarkan Perpres nomor 39 tahun 2019, tentang satu data Indonesia dan peraturan Wali Kota Palopo nomor 32 tahun 2021, tentang satu data Indonesia,” katanya.

Semua OPD dan instansi terkait harus mencegah ego sektoral dalam proses pengumpulan dan penyebarluasan data sebab jika itu terjadi maka sulit mewujudkan satu data.

“Yang ada justru tercipta ketimpangan dan ketidak akuratan data yang disajikan dan berujung pada penentuan kebijakan pembangunan,” jelasnya.

Asrul berharap, semua instansi bersinergi memperkuat komunikasi koordinasi dan kolaborasi untuk mengimplementasikan satu data yang berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Berharap agar forum ini, menjadi momentum penguatan kepercayaan publik terhadap perencanaan dan pelaksanaan pembangunan kemasyarakatan yang dilaksanakan oleh pemerintah,” ujarnya.

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara kesepakatan bersama forum Satu Data Indonesia tingkat Kota Palopo. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *