Pasca Hari Raya Idul Fitri, Kapolres Luwu Dampingi PJ Bupati Pantau Ketersediaan Bahan Pokok

Luwu19200 views

LUWU, INDEKS MEDIA – Kapolres Luwu, AKBP Arisandi, mendampingi Penjabat Bupati, Muhammad Saleh beserta dinas terkait dalam rangka melakukan sidak di Pasar Sentral Belopa. Hal itu dilakukan guna memastikan ketersediaan dan stabilitas harga bahan pokok pasca hari raya Idul Fitri 1445 H.

Pantauan aparat kepolisian di pasar sentral tesebut, pada Minggu (21/4/2024), sebagian besar harga bahan pokok telah mengalami penurunan dan terbilang cukup stabil sehingga daya beli masyarakat dapat tetap terjaga.

Seorang pedagang ayam yang sempat ditemui mengatakan bahwa stok ayam potong yang dijualnya dengan harga Rp 26.000/kilogram, lebih murah dibandingkan sebelum lebaran idul fitri.

Namun, ayam potong tersebut didatangkan dari luar daerah kabupaten Luwu yaitu Bone dan Bulukumba karena stok lokal justru masih lebih mahal karena berkurangnya stok pasca lebaran.

Sementara itu komoditas beras relatif sudah mengalami penurunan harga di sekitar Rp 11.000/kilogram, sehingga masyarakat sudah bisa lebih leluasa dalam menentukan pilihan beras yang mau di konsumsinya, apakah beras medium atau beras premium.

PJ Bupati Luwu menegaskan komitmennya untuk terus memantau pergerakan harga Bahan Pokok di wilayah Kabupaten Luwu. Ia juga mengungkapkan bahwa pemerintah akan tetap melakukan pengecekan secara berkala untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok.

“Alhamdulillah berdasarkan hasil pemantauan kita tadi, beberapa bahan pokok harganya sudah mulai turun, salah satunya adalah telur ayam ras,” kata H. Muh Saleh.

Sementara itu, di tengah stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok yang terbilang cukup terkendali, Kapolres Luwu AKBP Arisandi menghimbau para pedagang untuk juga tetap memperhatikan keamanan pangan yang layak sebagai bahan konsumsi masyarakat.

“Penting untuk kita semua agar juga melakukan upaya keamanan pangan guna menjaga bahan pokok agar higienis dan terhindar dari cemaran baik secara biologis, cemaran kimia, dan benda lain yang dapat mengganggu, merugikan dan membahayakan kesehatan sehingga tetap aman dikonsumsi,” ujar AKBP Arisandi.

Turut hadir dalam kegiatan sidak pasar tersebut yaitu Sekda Luwu Drs. H. Sulaiman, M.Si., Ketua TP-PKK Luwu Hj. Aisyah Saleh, Kadis Perdagangan Ruslan, Kadis Kesehatan dr. Rosnawary, Kadis Sosial Hj. Asliana Nurdin, Kadis Ketahanan Pangan Andi Makkawaru, Kadis PTSP Muh. Rudi, Kabag Umum Imran dan Kapolsek Belopa Iptu Dr. Marino, S.Pd.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *