Intensitas Curah Hujan di Palopo Alami Ketinggian, Kapolres Lakukan Mitigasi Bencana

Palopo31200 views

PALOPO, INDEKS MEDIA – Kapolres Palopo, AKBP Safi’i Nafsikin menginstruksikan anggota Polres Palopo untuk melakukan patroli siaga bencana. Hal ini dilakukan dikarenakan curah hujan yang tinggi melanda Kota Palopo, Kamis (29/3/2024). Lantaran tingginya curah hujan, debit air naik yang mengakibatkan banjir dan longsor.

Personil Polres Palopo kemudian melakukan pengecekan di daerah yang menjadi langganan banjir, pohon tumbang dan tanah longsor.

Ada beberapa titik daerah yang rawan bencana yang dipantau Polres Palopo. Seperti di jembatan Latuppa, jembatan miring, jembatan bolong, Jalan Jenderal Sudirman, dan sebagian wilayah Kelurahan Ammasangan.

Sementara itu, Satuan Lalulintas Polres Palopo melakukan patroli dan pengalihan arus. Saat patroli dilakukan, ditemukan tiga titik longsor kecil di Kelurahan Latuppa.

Satlantas Polres Palopo lalu melakukan pembersihan material longsor yang berada di jalan raya. Pembersihan dilakukan untuk mencegah terjadinya Kecelakaan lalu lintas.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar selalu berhati-hati dan waspada ketika hujan lebat. Kami juga memberikan peringatan agar masyarakat bisa mengetahui kawasan tersebut merupakan rawan terjadinya bencana longsor,” kata Kapolres Palopo.

Menurutnya, hal demikian adalah salah satu upaya dalam menanggulangi bencana yang belakangan ini mengintai kota Palopo seperti banjir dan tanah longsor.

“Ini merupakan langkah kami sebagai upaya dalam hal penanggulangan kebencanaan terutama tanah longsor yang dapat mengancam keselamatan masyarakat dan para pengguna jalan,” jelasnya.

Perkara ini dilakukan untuk menginformasikan kepada warga sekitar agar bersama-sama melaksanakan kontrol di wilayahnya masing-masing.

Dengan begitu, diharapkan tidak jatuh korban akibat bencana alam. Serta selalu menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan, terpenting mengantisipasi terjadi bencana lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *