Ingin Kembangkan Desa Wisata, 3 BUML Toraja Utara Ikut Studi Tiru Strategi Bumdes Tator

News30200 views

TORAJA UTARA, INDEKS MEDIA – Dalam rangka meningkatkan kinerja dan memajukan Badan Usaha Masyakarakat Lembang (BUML) Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel), Dinas Pemberdayaan Masyarakat Lembang memfasilitasi 3 BUML. Kegiatan itu dalam rangka studi tiru Bumdes Karya bersama di Destinasi Hutan Pinus Lembang Buntu Datu di Kabupaten Tana Toraja.

Tiga BUML yang ikut andil dalam kegiatan itu diantaranya Kepala Lembang Pata’padang, Kepala Lembang Kapolang dan Kepala Lembang Benteng Ka’do to’rea.

“Saya berterimakasih atas penerimaan yang sangat baik dan kesedian DPML Tana Toraja dan Pemerintah Lembang Buntu Datu serta BUML Karya Bersama yang mau berbagi strategi dalam Manajemen Bumlem ini sehingga dapat berhasil,” kata Sekretaris DPML, Anugrah Yaya Rundupadang, Rabu (20/3/2024).

“Saya juga mengapresiasi Bumlem yang mengelolah Desa wisata hutan pinus ini dengan menjaga kelestarian Kawasan Hutan, Kebersihan dan dikelolah secara profesional dan transparan, serta promosi konten yang konsisten di berbagai platform media digital,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Lembang Buntu Datu mengatakan bahwa pihaknya mengelola 4 jenis usaha. Salah satu di antara 4 usaha itu adalah destinasi wisata Hutan Pinus.

“Bumlem kami mengelolah 4 jenis usaha yakni, Destinasi Wisata Hutan Pinus, Kuliner, Koperasi Simpan pinjam dan Bibit Ikan,” katanya.

Ia juga mengatakan bahwa strategi dalam mengurus Badan Usaha tersebut adalah dengan ketekunan, melibatkan masyarakat dan pengembangan potensi sumber daya manusia dan sumber daya alam yang ada.

“Strategi kami mengurus Bumdes ini dilaksanakan dengan tekun, kerja keras dan melibatkan masyarakat dengan mengembangkan potensi yang ada serta promosi yang baik melalui media sosial sehingga setiap hari pasti ada pengunjung dan bahkan pada akhir pekan sangat ramai dengan pengunjung terbanyak dari Kabupaten Toraja Utara dan Enrekang,” jelasnya.

Kegiatan itu lalu dilanjutkan dengan sesi diskusi bersama Kabid Pembangunan dan Ekonomi DPML Tana Toraja Yuliana Tandisau, sedangkan dari DLML Toraja Utara hadir Kabid Ekonomi Adelina Pasolang dan Kabid Kelembagaan Markus Mangea dan pengurus Bumlem.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *