Kepala Desa Salubua Meminta Bantuan Alat Berat Pasca Bencana Banjir dan Tanah Longsor

News19200 views

LUWU, INDEKS MEDIA – Pasca bencana banjir dan tanah longsor yang melanda Kabupaten Luwu, khususnya di Desa Salubua, Kecamatan Suli Barat, warga sangat membutuhkan bantuan alat berat untuk membersihkan lumpur dan tanah yang masih menggenangi ratusan hektar persawahan mereka. Kepala Desa Salubua, Mardin, B.Sc, menyampaikan hal ini kepada wartawan beberapa waktu lalu.

“Kami kasihan pada warga. Mereka terpaksa tidak bisa memanen padinya karena area persawahan hingga jalan tani masih tertutup tanah longsor,” ujar Mardin.

Ia berharap pemerintah dapat segera membantu desanya dengan mengirimkan alat berat untuk mengangkut tanah longsor yang menutupi persawahan di tiga dusun di Desa Salubua.

Selain persawahan, banjir bandang di Kecamatan Suli juga menyebabkan satu rumah warga hanyut.

“Satu rumah warga sudah ditinjau Dinas Perkim dan letaknya jauh di atas gunung. Sudah mendapat bantuan, tapi saya tidak tahu dari mana bantuan tersebut. Sebab ada juga Polda yang meninjaunya,” jelasnya.

Beberapa ruas jalan yang sering dilalui warga juga masih tertutup tanah lumpur akibat longsor, sehingga sulit untuk dilintasi.

“Ada jalanan yang menghubungkan dua desa yang saat ini masih tertimbun tanah longsor, membuat warga sulit melewatinya. Bukan hanya jalan, bahkan kebun warga pun masih tertimbun tanah longsor dan mengalami kerusakan,” tambahnya.

Mardin berharap agar pemerintah, baik daerah, provinsi, maupun pusat, segera membantu dengan menurunkan alat berat untuk mengangkut tanah longsor yang masih menggenangi persawahan, jalan, dan perkebunan warga.

“Kami mohon bantuannya,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *