Waris Mattalunru Lalo Matarru Resmi Jabat Tomakaka ke-31 Maipi

Luwu Utara, News55200 views

LUTRA, INDEKSMEDIA.ID – Suasana khidmat menyelimuti upacara pengukuhan Tomakaka Ke-31 Maipi Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara, ketika Makole Baebunta Andi Masita Kampasu memasangkan topi kebesaran kepada Tomakaka Maipi ke-31 Waris Mattalunru Lalo Matarru. Pengukuhan itu berlangsung di Banua Ada Katokakaan Maipi, Kamis (20/6/2024).

“Hari ini saya melaksanakan pengukuhan katomakakaan Maipi ke-31 kepada saudara Waris Mattalunru Lalo Matarru. Selaku Makole Baebunta menyerahkan kepada paman saya Opu Andi Baso untuk memasangkannya, namun saya tetap mendampinginya,” kata Andi Masita Kampasu.

Dengan penuh khidmat, Makole Andi Masita Kampasu bersama Opu Andi Baso Alimuddin meletakkan topi kebesaran yang melambangkan kedudukan dan tanggung jawab yang diemban Waris Mattalunru Lalo Matarru sebagai Tomakaka Maipi Ke 31. Ini mewakili pengakuan dan dukungan penuh dari masyarakat adat Maipi dan Makole Baebunta.

Peristiwa ini bukan hanya sebagai simbol tradisional, tetapi juga memperkuat ikatan emosional dan sosial antara pemimpin adat dengan masyarakat adat Luwu. Dengan pengukuhan Waris Mattalunru Lalo Matarru sebagai Tomakaka Ke-31 Maipi, diharapkan warisan budaya dan kearifan lokal yang dimiliki masyarakat Maipi dapat terus dijaga dan dilestarikan untuk generasi mendatang.

Setelah pemasangan Topi Kebesaran, Makole Baebunta memberikan ucapan selamat dan semangat kepada Maipi yang baru. Ia menggarisbawahi pentingnya peran kepemimpinan adat dalam memelihara persatuan dan kesatuan masyarakat Desa Maipi, serta dalam menjaga kelestarian budaya dan tradisi yang telah turun-temurun.

Makole Baebunta menegaskan komitmennya untuk terus mendukung Maipi dan seluruh jajaran kepemimpinan adat dalam menghadapi berbagai tantangan zaman modern.

Dia berharap agar kepemimpinan Tomakaka ke-31 dapat membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi masyarakat adat Maipi, sekaligus menjadikan mereka sebagai teladan dalam menjaga nilai-nilai kearifan lokal dalam konteks globalisasi yang semakin berkembang.

“Jadi harapan kami Makole Baebunta agar kiranya bapak yang baru saja dikukuhkan sebagai tomakaka Maipi untuk bekerjasama dan kolaborasi dengan pemerintah desa yang ada di maipi ini,” ujar Makole Baebunta.

“Jadi harapan saya bisa merangkul semua warga yang ada di maipi serta merangkaul para tomakaka yang terdahulu. Jangan egois dan harus merendahkan diri seperti padi yang semakin berisi semakin merunduk, itu yang utama pesan saya,” tandasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *