Kerjasama SMAIT Insan Madani, PBA IAIN Palopo Gelar Arabic Camp

News, Palopo, Pendidikan58200 views

Kerjasama SMAIT Insan Madani, PBA IAIN Palopo Gelar Arabic Camp

PALOPO, INDEKSMEDIA.ID – Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo menggelar al-Mukhayyam al-‘Araby atau Arabic Camp di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT) Insan Madani Palopo.

Kegiatan itu mengangkat tema Perkemahan Bahasa Arab Berbasis Al-Fan Al-‘Araby. Program ini sebagai bentuk realisasi dari kerja sama antara Prodi PBA IAIN Palopo dan SMAIT Insan Madani.

Selain itu, kegiatan tersebut juga merupakan bagian dari sosialisasi memasyarakatkan Prodi Pendidikan Bahasa Arab di sekolah. Terlaksananya kegiatan tidak terlepas dari sokongan dan dukungan Unit Pengembangan Bahasa IAIN Palopo.

Kepala Sekolah SMAIT Insan Madani Kota Palopo, Talmiadi Ahmad mengatakan Bahasa Arab mempermudah interaksi di mana pun berada. Pihak sekolah sangat berterima kasih dengan adanya perkemahan bahasa Arab sebagai wujud mencintai dan mempelajari bahasa Arab.

“Kegiatan ini akan dijadikan bagian dari rutinitas sekolah. Insya Allah, Perkemahan Bahasa Arab diagendakan setiap tahun ke depan,” katanya

Sementara itu, Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Arab FTIK IAIN Palopo, Naidin Syamsuddin menyampaikan tentang urgensi pelaksanaan Arabic camp.

“Arabic camp bukan sekedar kegiatan bahasa Arab biasa, tetapi membangun keakraban dan kedekatan dengan sesama siswa, guru, dan mentor atau tutor. Melalui Arabic camp akan melahirkan para penggemar bahasa Arab yang berkarakter dan berwawasan luas serta siap menjadi duta Islam dan budaya Arab di masa depan. Kolaborasi antar sekolah dan perguruan tinggi khususnya Prodi Pendidikan Bahasa Arab akan memperkuat pondasi Arabic camp yang sangat digemari oleh para siswa,” katanya.

Kepala UPB IAIN Palopo, Jufriadi, tidak lupa memberikan arahan sebelum membuka kegiatan terkait konteks bahasa Arab pada saat ini.

“Bahasa dunia sekarang ini tidak hanya dikuasai oleh bahasa Inggris tetapi juga bahasa Arab. Orang yang menguasai bahasa bisa ke mana-mana dan akan menguasai dunia. Selain itu, bahasa Arab tidak hanya penting di dunia tetapi akan dipergunakan nanti sebagai bahasa para penghuni surga,” jelasnya.

Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini mengunakan metode interaktif dan permainan partisipatif. Permainan partisipatif melibatkan peserta aktif dalam pembelajaran.

Proses pembelajaran diselingi dengan ice breaking, kuis bahasa Arab dan aktivitas bermain. Bentuk pemecahan masalah yang dilakukan di tempat pengabdian adalah pemberian materi (handbook), pelaksanaan pembelajaran, penyajian Arabic show, permainan bahasa dan refleksi materi.

Pelaksanaan kegiatan itu dilaksanakan pada hari Kamis hingga Sabtu, tepatnya pada tanggal 23-25 Mei 2024. Kegiatan dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama dilaksanakan pada hari Kamis–Jumat yang dikhususkan untuk siswa. Sesi kedua dilaksanakan pada hari Jumat–Sabtu yang dikhususkan untuk siswi.

Berdasarkan keterangan rundown acara, materi pertama dilaksanakan sebelum duhur, materi kedua setelah duhur dan materi ketiga setelah asar. Kegiatan malam setelah isya diisi dengan haflah Araby (Arabic show).

Acara ini menampilkan beberapa hiburan dari peserta kegiatan berupa nasyid bahasa Arab, drama bahasa Arab dan puisi berantai bahasa Arab.

Kegitan terakhir setelah salat subuh berupa outbound dalam bentuk pembelajaran di alam terbuka. Kegiatan ini menggabungkan antara intelegensia, fisik dan mental.

Beberapa permainan bahasa Arab yang diimplementasikan di antaranya adalah: lu’bah aina dzalika (di mana itu), lu’bah takhmin shurah (tebak gambar), lu’bah kalimah garibah (kata asing), lu’bah raqm (nomor), lu’bah shaid kalimah (memburu kata), lu’bah bahts an’ kalimah (mencari kata) dan lu’bah tartib kalimah (menyusun kata). Selain menjadi refleksi materi, kegiatan outbound sebagai bagian dari evaluasi peserta perkemahan bahasa Arab.

Semua proses pemberian materi, Arabic show dan outbound didampingi oleh tutor-tutor dari Program Studi Pendidikan Bahasa Arab FTIK IAIN Palopo. Tutor ini tediri dari Ikatan Alumni Prodi PBA, pengurus HMPS PBA dan pengurus ITHLA DPW V. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *