Cegah Pernikahan Dini, Prodi PAI IAIN Palopo Gelar Seminar di Desa Balantang Luwu Timur

Luwu TImur45200 views

LUTIM, INDEKSMEDIA.ID – Program Studi Pendidikan Agama Islam (Prodi PAI) Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo sukses melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Balantang, Kec. Malili, Kab. Luwu Timur, Selasa (14/05/2024).

Tim PKM PAI IAIN Palopo yang berjumlah dua puluh satu orang ini melibatkan dosen, staf Prodi, mahasiswa Himpunan Program Studi (HMPS), dan alumni Prodi PAI IAIN Palopo. Tim PKM ini diketuai Muhammad Zuljalal Al Hamdy.

Puncak kegiatan PKM ini adalah mengadakan dengan tema “Membangun Keluarga Berkualitas (Edukasi Pandangan Islam dan Pencegahan Pernikahan Dini)”.

Seminar itu dihadiri kurang lebih 60 warga Desa Balantang. Kegiatan ini dibuka Pj Kepala Desa Balantang yang juga Camat Kecamatan Malili, Nasir.

Dalam seminar tersebut, pemateri yang hadir adalah Direktur Pascasarjana IAIN Palopo, Prof. Dr. Muhaemin dan Azgar Marzuki selaku dosen Prodi PAI IAIN Palopo.

Prof. Dr. Muhaemin menjelaskan beberapa faktor penyebab pernikahan dini, yaitu faktor ekonomi, pendidikan, keluarga, dan media sosial.

Penyampaian materi yang diselingi dengan candaan membuat suasana lebih hangat dan materi lebih mudah dipahami masyarakat. Hal ini memberikan kesan positif bagi warga Balantang.

Ketua Prodi PAI, Andi Arief Pamessangi berharap kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya membangun keluarga berkualitas dalam perspektif pendidikan Islam serta bahaya pernikahan dini dan upaya pencegahannya.

Kegiatan PKM ini juga dirangkaikan dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Prodi PAI IAIN Palopo dan Desa Balantang.

“Pengabdian merupakan kewajiban tri dharma dosen dan mahasiswa. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini tergolong sukses, terlihat dari antusiasme warga dalam mengikuti kegiatan tersebut,” ujar Andi Arief Pamessangi. (cia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *