DLH Palopo Imbau Pedagang Kaki Lima Jaga Kebersihan

News, Palopo25200 views

PALOPO, INDEKSMEDIA.ID – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palopo mengimbau pedagang kaki lima untuk mengutamakan kebersihan. Hal itu dia ungkapkan beberapa waktu lalu kepada awak media.

Kepala DLH Palopo, Emil Nugraha mengatakan menjaga kebersihan merupakan kewajiban semua masyarakat. Termasuk pedagang kaki lima dan pembeli.

Untuk itu, dia meminta kepada masyarakat, utamanya pedagang kaki lima menjaga kebersihan lingkungan tempatnya berjualan.

Agar kebersihan tetap terjaga dia meminta pedagang untuk menyediakan tong sampah/ kantong plastik untuk menampung sampah dari proses berjualan agar lokasi jualan senantiasa bersih.

“Gunakan juga sarung tangan/alat bantu jepit makanan/minuman saat menjual agar makanan steril dari kuman saat berjualan,” kata Emil.

Dia juga meminta kepada pedagang tidak banyak memakan badan jalan agar tak menganggu pengguna jalan lainnya.

“Selalu menjaga kebersihan alat masak, wadah makanan dan kebersihan diri,” tuturnya.

Tak hanya pedagang, pembeli juga diminta untuk menjaga kebersihan usai bertransaksi dengan pedagang.

“Buang sampah kemasan atau bekas makanan/minuman ke tempat sampah yang tersedia, bila tidak ada agar disimpan/dibawah terlebih dahulu sampai menemukan tempat sampah,” urainya.

“Bila membawa kendaraan, agar hendaknya diparkir pada tempatnya untuk meminimalisir kemacetan. Membiasakan budaya antri saat membeli. Biasakan juga untuk membawa kantong belanja ramah lingkungan sendiri, tempat makanan minuman sendiri untuk mengurangi sampah,” tandasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *