Dipicu Luapan Air Sungai Masamba, Tiga Desa di Malangke Terendam Banjir

Luwu Utara93200 views

LUWU UTARA, INDEKS MEDIA – Banjir melanda sejumlah rumah warga di Kecamatan Malangke, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel). Diduga penyebab banjir tersebut dikarenakan tingginya intensitas hujan yang melanda Luwu Utara membuat air sungai masamba meluap hingga ke pemukiman warga.

“Air dari (Sungai) Masamba, kalau deras hujan di Masamba banjir Malangke,” kata salah seorang warga atas nama Rival saat dikonfirmasi, Rabu (24/4/2024).

Peristiwa banjir tersebut terjadi pada Selasa (23/4) malam. Malangke sendiri terdiri dari 14 Desa, Sebanyak 3 Desa di wilayah itu, terendam banjir. Dikatakan Rival bahwa ketinggian air mencapai perut orang dewasa.

“Yang saya tau itu yang tergenang Desa Belawa, Pattimang dan Malangke, kalau tingginya mencapai perut orang dewasa,” katanya.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu Utara, Muslim Muhtar, mengatakan bahwa pihaknya saat ini telah berada di lokasi bencana banjir.

“Sementara tim menuju lokasi,” ujarnya.

Menurutnya, bencana banjir tersebut diakibatkan oleh tingginya intensitas curah hujan yang melanda wilayah Luwu Utara mebuat volume air sungai meningkat.

“Itu karena curah hujan yang tinggi kemarin, jadi itu membuat volume Sungai meningkat hingga meluap ke rumah warga,” jelasnya.

Kendati demikian, hingga kini belum dipastikan jumlah kecamatan hingga rumah warga yang terdampak bencana alam tersebut. Saat ini pihaknya masih melakukan pendataan di wilayah terjadinya banjir.

“Biar kami rampungkan hasil assessment dari teman teman TRC PB BPBD yang sampai saat ini masih di lapangan menyebar ke masing masing kecamatan dan desa desa yang terdampak,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *