Tanah Masih Labil, Akses Jalan di Bastem Utara Terancam Tertutup Longsor

News23200 views

PALOPO, INDEKS MEDIA – Bencana Alam masih menghantui wilayah Kecamatan Bastem Utara, Kabupaten Luwu. Betapa tidak, wilayah tersebut masih rawan terjadi bencana tanah longsor.

Dari video yang diterima media ini, pada Jumat (19/04/2024) pukul 17.36 Wita, Akses jalan menuju Bastem Utara, masih rawan terjadi bencana longsor. Tampak dalam video yang berdurasi 19 detik, memperlihatkan beberapa pengguna jalan waspada akan terjadinya bencana mengerikan tersebut.

Tampak dalam video lainnya yang berdurasi 10 detik, material tanah mulai berjatuhan ke bahu jalan. Salah seorang warga mengatakan bahwa letak terjadinya pergeseran material tanah tersebut tidak jauh dari lokasi longsor yang sempat menelan belasan korban jiwa.

“Beda lagi titiknya sebelumnya, ada kpang sekitar 5 meter dari longsor pertama,” kata Diki Aprisal.

Diki mengatakan, pergeseran tanah tersebut diakibatkan tingginya intensitas curah hujan yang melanda wilayah setempat. Tidak hanya itu, di sekitar lokasi kejadian, marak ditumbuhi tumbuhan cengkeh milik warga.

“Setiap selesai hujan pasti ada pergeseran, goyang terus mi itu karena memang tidak ada mi bisa menahan sudah digarap sama warga ditanami cengkeh,” ungkapnya.

Akibatnya, pengendara yang hendak melintas ke wilayah Bastem menuju Palopo dan sebaliknya, harus berhati-hati melintasi jalan tersebut.

“Masih bisa ji lewat cuma hati-hati, sempat juga tadi tidak boleh lewat karena rawan sekali, tapi sekarang boleh mi asalkan tetap waspada,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *