Kampus: Laboratorium Akademik atau Maket Place

Opini70200 views

Indeksmedia — Kampus, adalah wadah bagi mahasiswa menimba ilmu pengetahuan serta bertukar pikiran dan menciptakan ide-ide untuk menghadapi pergeseran zaman.

Kalau kita indikasikan kampus sebagai wadah, berarti kampus adalah tempat tinggal bak kandang, kampus berarti tempat berkumpulnya orang-orang yang sama yang tertutup dari luar, kampus berarti tempat untuk mengambil sesuatu yang sama tiap harinya.

Tapi ternyata, kampus tempat di mana hasil penciptaan ide-ide dalam menghadapi pergeseran zaman itu lahir.

Menurut Clark Kerr, kampus adalah “lembaga yang memberikan pendidikan dan penelitian dalam berbagai disiplin ilmu, serta memiliki tiga fungsi utama, yaitu pengajaran, penelitian, dan pelayanan masyarakat.” Jadi orang orang yang sedang beraktivitas di kampus harus berperilaku secara universal bukan secara partikular.

Sedangkan menurut Philip Altbach, Kampus adalah “lembaga pendidikan tinggi yang memiliki peran penting dalam menciptakan dan menyebarluaskan pengetahuan, serta mempersiapkan generasi yang akan memimpin masyarakat dan mengembangkan bangsa”. Jadi indikasi orang-orang di dalam kampus itu dapat mempersiapkan dirinya untuk memimpin dan sadar akan permasalahan sosial dalam bentuk mikro maupun makro.

Kampus dari beberapa pakar kalau kita tarik ke ranah realitas, muncul tanda tanya besar. Loh kok?

Kadang kampus hanya menjadi tempat para pemburu penambahan nama, kampus menjadi ladang urusan individu lebih penting dari urusan universal, kampus menjadi tempat pameran busana, bahkan yang lebih miris kampus hari ini menyediakan wahana bisnis dari sudut ke sudut yang harusnya sudah dipenuhi dari pemungutan yang menjadi kewajiaban masyarakat yang ada di dalam.

Kalau tolok ukur masyarakat kampus yang diidentitaskan sebagai mahasiswa hanya menerima itu dan bermain-main di wahana tersebut layaknya anak usia dini di PAUD.

Lantas kemana para ilmuan-ilmuan laboratorum. Apakah kehabisan bahan yang akan diteliti atau sudah tidak mampu karena laboratoriumnya telah direnovasi menjadi taman wahana Bisnis yang ingin menggunakan ruangan dan peralatannya saja harus mengeluarkan biaya, sedangkan tanggung jawab hadirnya mereka di sana sudah mereka penuhi tiap 6 bulan sekali..?

Kampus hari ini sudah cocok diberi sandaran “Maket Place” di mana sesuatu yang ada di dalamnya ketika ingin digunakan harus mengeluarkan biaya. Kira-kira ada diskon ngak tuhh? Kalau ada tiap tanggal berapa yaa biar para ilmuan bisa kembali menciptakan ide-ide penjawab tantangan bangsa di hari kelak. (*)

Penulis: Fauzi

Disclaimer: indeksmedia.id tidak bertanggung jawab atas isi konten. Kami hanya menayangkan opini yang sepenuhnya jadi pemikiran narasumber.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *